Dalam Perjalanan Pulang-Laura Inggalls Wilder (Review)

tiff infomation
4/5

Judul : Dalam Perjalanan Pulang
Judul Asli :On The Way Home
Subjudul : Catatan Harian Perjalanan dari Dakota Selatan ke Mansfield,Missouri di tahun 1894
Pengarang : Laura Inggalls Wilder dengan keterangan tambahan Rose Wilder Lane
Penerbit :PT Bpk Gunung Mulia
Tahun Terbit : 2009
Cetakan : 9
Tebal Buku : 109 halaman

“Ia berhenti berbicara.Tak tahu harus berbicara apa lagi.Tak tahu harus berbuat apa.Kini aku tahu apa yang terjadi bila orang tak punya bahan makanan.Apa yang terjadi adalah tak bisa berbuat apa-apa,tak bisa menghasilkan apa-apa.”
-Rose Wilder Lane (p87)

Kekeringan parah di Dakota Selatan,memaksa keluarga kecil Laura Inggals Wilder pindah ke Mansfield Missouri pada tahun 1894.Dalam perjalanan mereka dengan kereta kuda menuju ke sana,Laura Inggalls menyempatkan diri untuk menulis catatan perjalanan mereka di sebuah buku tulis tipis seharga tiga sen.Laura menuliskan segala yang mereka alami dalam hari-hari perjalanan mereka dengan format seperti buku harian,mulai dari hari awal keberangkatan mereka sampai hari mereka berhasil membeli sebidang tanah yang subur di Mansfield.Indahnya pemandangan benua Amerika yang pada saat itu masih liar,kejamnya topan badai,sampai kelas-kelas sosial masyarakat Amerika pada masa itu digambarkan dengan jelas serta jujur dalam catatan ini.

On The Way Homeatau Dalam Perjalanan Pulang adalah sebuah catatan sejarah yang dituturkan dalam gaya bahasa sebuah novel.Putri tunggal Laura,Rose Wilder Lane turut menambahkan beberapa detail kejadian yang tidak dituliskan Ibunya.

Saya menikmati catatan sejarah ini sebagaimana saya menikmati novel-novel fiksi ilmiah atau roman yang biasa saya baca!Inilah kehebatan Laura Inggals,ia mampu menyajikan kisah sejarah yang sederhana dengan cara bertutur yang membuat pembaca tidak bosan.Kisahnya yang sederhana kerap kali menyentuh dan indah.Dalam jilid ini saya menyukai sebuah adegan di saat keluarga Inggals baru menempati rumah baru mereka.Kala itu,seluruh uang keluarga Inggal baru dihabiskan untuk membeli tanah pertanian di Mansfield,uang sisanya hanya cukup dipakai untuk membeli dendeng dan tepung jagung untuk makan malam.Dalam kondisi serba terbatas itu,datanglah seorang pria yang mencari pekerjaan pada keluarga Inggals,ia memiliki lima orang anak dan mereka sudah tiga hari tidak makan.Almanzo Wilder,suami Laura,membagi tepung jagung dan dendeng yang mereka miliki untuk orang itu.

Dari kisah itu saya belajar bahwa Amerika yang kini dikenal sebagai negara super power pun pernah mengalami masa-masa di mana penduduknya kelaparan dan terpaksa meminta-minta.Luar biasanya,mereka memiliki warga negara dengan moral yang baik dan mau saling menolong.Saya rasa hal inilah yang mendukung negeri ini untuk bisa menjadi maju seperti hari ini.

Buku ini memang tidak melalui proses editing demi menjaga keorisinalitasannya.Apa yang tercetak di atas kertas sama persis dengan apa yang ditulis Laura di buku hariannya jadi saya memaklumi grammar nya yang agak semrawut dan beberapa kalimatnya yang terkesan tidak nyambungsatu sama lain,terlihat jelas bahwa Laura hanya mencatatkan informasi-informasi penting tanpa berusaha menyusunnya menjadi narasi.Saya yakin Laura juga mempunyai kesibukan yang berarti selain menulis buku harian pada saat itu sehingga kali ini saya memaafkan kesalahan pilihan katanya walaupun biasanya saya paling cerewet masalah ini.

Buku ini sangat tipis sehingga dua jam saja saya sudah bisa menamatkannya.Ohya,di antara kalian para pembaca pasti ada yang bertanya-tanya mengapa saya kadang menulis resensi dalam bahasa Inggris,kadang bahasa Indonesia,tidak konsisten.Saya menulis resensi berbahasa Inggris apabila buku yang saya baca berbahasa Inggris,demikian juga apabila buku yang saya baca berbahasa Indonesia maka rensensinya juga saya buat dalam bahasa Indonesia.Jadi harap pembaca memaklumi ketidak konsistenan saya,maklum masih remaja,jadi labil,hehe.

Sekian dulu untuk hari ini,sampai jumpa di buku selanjutnya!
MY RATING

Leave a Reply

